b. Materi

Recent Diagnosis & Treatment of Dengue Haemorrhagic Fever


Insidensi global dari Dengue Hemorrhagic Fever (DHF)  meningkat secara cepat dalam beberapa dekade terakhir, hingga sekitar 2,5 milliar orang, atau dua per lima dari populasi di seluruh dunia beresiko terkena DHF. WHO memperkirakan akan terus terjadi 50 juta kasus setiap tahunnya di seluruh dunia. Tidak ada terapi spesifik untuk penderita dengue, namun penanganan medis yang tepat dapat menyelamatkan nyawa pasien. Oleh karena itu peranan seorang dokter umum dalam menangani kasus dengue sangatlah penting mengingat kecenderungan insidensi yang semakin meningkat dan komplikasi yang fatal.

Clinical Update 2010 akan mengupas tuntas klasifikasi, penegakan diagnosis dan terapi terbaru DHF berdasarkan konferensi international mengenai DHF yang diadakan di Singapura pada tanggal 8-11 Desember 2009 lalu.


______________________

Early detection & Management of Avian Influenza, Swine Flu and SARS in Primary Care Level


Meskipun issue mengenai flu burung, flu babi, serta SARS akhir-akhir ini sudah mereda, bukan berarti kita sebagai dokter umum dapat melalaikan penyakit-penyakit tersebut. Penyakit-penyakit itu sangat meresahkan masyarakat, dan kita sebagai dokter umum harus dapat melakukan deteksi awal dan melakukan penanganan segera jika menemukan kasus.

Pada Clinical Update 2010, kita memiliki narasumber yang tepat yang dapat memberitahu kita mengenai langkah deteksi awal dan penanganan yang tepat jika kita menemukan kasus flu burung, flu babi, maupun SARS.

______________________

Recent Evidence of Management of Diarrhea in Children


Berdasarkan RISKESDAS 2007 (Riset Kesehatan Dasar), penyebab kematian bayi yang terbanyak adalah karena diare (31,4%), dan untuk kelompok anak balita diare juga merupakan penyebab kematian terbanyak (25,2%). Sedangkan hasil SKRT (Survey Kesehatan Rumah Tangga) 2003, setiap anak Indonesia mengalami episode diare 1,6 – 2 kali pertahun.

Sebagai dokter umum, kita harus bisa mencegah kematian anak karena diare. Dengan mengikuti Clinical Update 2010 ini, kita dapat mengetahui dan melakukan manajemen diare yang tepat pada anak, sehingga kita dapat mengurangi angka kematian anak karena diare.

______________________

Endocrinology Update: How to use Insulin for  long term management of DM


Penggunaan terapi insulin pada penderita diabetes mellitus tipe 2 terus mengalami perkembangan. Dokter umum pun seharusnya memiliki pengetahuan yang luas mengenai terapi insulin, mulai dari indikasi pemberiannya, pengaturan jenis dan dosis insulin yang dipakai, efek samping yang dapat terjadi dan penanganannya, hingga edukasi cara penyuntikan insulin yang tepat. Bahkan kini telah ditemukan penelitian bahwa dengan insulinisasi dini kondisi sel-sel beta pankreas pada diabetes mellitus tipe 2 lebih baik daripada pasien yang tidak menggunakan terapi insulin dini.

Clinical Update 2010 memberikan wadah bagi para dokter umum untuk mengetahui seluk beluk terapi insulin, sehingga dapat memberikan edukasi terbaik bagi pasien penderita diabetes mellitus.

______________________

Management of Febrile Seizure and Epilepsy in Children


Kejang demam memang hanya terjadi pada 2-5% anak pada usia 6 bulan sampai 5 tahun. Namun, jika seorang dokter tidak dapat melakukan penanganan kejang demam anak dengan cepat dan tepat, maka yang ditakutkan adalah terjadinya sekuele maupun epilepsy.

Clinical Update 2010 memberikan wadah yang tepat bagi kita, sebagai seorang dokter umum, untuk mengetahui langkah yang capat dan tepat dalam menangani kejang demam dan epilepsy pada anak-anak.

______________________

Drug Selection for Chronic Heart Failure


Hasil analisa survei kesehatan rumah tangga Departemen Kesehatan RI melaporkan,  penderita penyakit jantung di Indonesia kini diperkirakan mencapai 20 juta atau sekitar 10% dari penduduk di Nusantara. Kondisi demikian menjadikan penyakit jantung sebagai “pembunuh nomor satu” di Indonesia. Kondisi tersebut tidak jauh berbeda dengan di negara-negara maju. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan rasio penderita gagal jantung di dunia satu sampai lima orang setiap 1.000 penduduk.

Clinical Update 2010 akan memberikan informasi terbaru dan mutakhir seputar penegakan diagnosis, kompetensi dokter umum serta terapi atau pengobatan gagal jantung.

______________________

Recent Therapy for Chronic Neuropathic pain


Nyeri merupakan keluhan terbanyak pasien ketika mengunjungi seorang dokter. Dan sebagai dokter umum, banyak dari kita yang belum benar-benar mengerti cara menangani nyeri, terutama nyeri yang bersifat kronis. Prof. Lucas Meliala merupakan seorang pakar nyeri yang sudah terbukti dapat mengelola berbagai macam nyeri. Pada Clinical Update 2010 ini, kita sebagai dokter umum dapat mencuri sedikit ilmu beliau dan membantu lebih banyak orang dalam menghadi nyeri.

______________________

Post Stroke Management and Rehabilitation


Konsensus mengenai langkah awal penanganan stroke mungkin dapat kita baca di berbagai macam referensi. Namun, penjelasan mengenai rehabilitasi dan penanganan pasien post stroke, yang merupakan kompetensi seorang dokter umum masih cukup sulit kita peroleh. Padahal sebagai seorang dokter umum, akan banyak pasien poststroke yang mendatangi kita untuk memperoleh perawatan dan rehabilitasi. Hal ini sangat penting untuk mempertahankan kualitas hidup pasien poststroke.

Dengan mengikuti Clinical Update 2010, kita sebagai dokter umum akan mendapat informasi yang tepat dari nara sumber terpercaya mengenai penanganan dan rehabilitasi penderita poststroke sehingga kita dapat meningkatkan kualitas hidup banyak pasien.

______________________

Recent Update on Stroke Management


Stroke sebagai penyakit penyebab kematian nomor 3 di dunia, kini semakin menunjukkan insidensi yang meningkat. Kini 15 juta orang di seluruh dunia diperkirakan menderita stroke setiap tahunnya, baik kasus baru maupun kasus rekurensi. Bahkan 10% dari kasus tersebut berakhir dengan kematian dan kecacatan berat.

Di Indonesia, insidensi stroke meningkat 10 kali setiap tahunnya, karena semakin ada pergeseran pola hidup kea rah tidak sehat. Selain itu, stroke kini juga semakin sering menyerang usia-usia produktif, sehingga penegakan diagnosis serta penanganan awal kegawatdaruratan stroke yang cepat dan tepat sangat dibutuhkan sebagai ujung tombak penentuan prognosis para penderita stroke. Oleh karena itu Clinical Update 2010 akan membahas update terbaru mengenai kegawatdaruratan stroke, agar dapat meminimalkan komplikasi yang akan terjadi pada penderita stroke.

______________________

Acute Coronary Syndrome: Guideline for Diagnosis & Treatment for Primary Care Physicians


Prevalensi penyakit kardiovaskular di Indonesia semakin hari semakin meningkat dari tahun ketahun. Survey Kesehatan Runah Tangga Departemen Kesehatan RI tahun 1992 menunjukkan bahwa penyakit tersebut telah menempati urutan pertama dalam penyebab kematian di Indonesia. Dilaporkan bahwa setiap tahun terdapat 1,5 juta penderita infark miokard dan terjadi kematian sejumlah 500.000 pasien pertahun. Ternyata 50 persen dari kematian tersebut justru terjadi sebelum penderita sampai di rumah sakit,yang terjadi pada jam-jam pertama.

Dokter umum sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan kepada pasien sangat menentukan prognosis pasien dengan sindrom koroner akut. Clinical Update 2010 akan menyajikan penjelasan sedalam-dalamnya mengenai penegakan diagnosis serta penanganan awal yang cepat dan tepat pada kasus sindrom koroner akut.

______________________

Early Detection & Management for Diabetic Ketoacidosis and Hypoglycemic Coma


Menurut data WHO, Indonesia menempati urutan ke-4 terbesar dalam jumlah penderita Diabetes Mellitus di dunia. Pada tahun 2000 yang lalu saja, terdapat sekitar 5,6 juta penduduk Indonesia yang mengidap diabetes. Namun, pada tahun 2006 diperkirakan jumlah penderita diabetes di Indonesia meningkat tajam menjadi 14 juta orang, dimana baru 50 persen yang sadar mengidapnya dan di antara mereka baru sekitar 30 persen yang datang berobat teratur.

Ketoasidosis diabetikum merupakan suatu keadaan darurat. Tanpa pengobatan yang tepat dan cepat, bisa terjadi koma bahkan kematian. Kematian tersebut dapat dicegah oleh kita, sebagai dokter umum, jika kita mengetahui penanganan yang tepat untuk ketoasidosis diabetes maupun koma hipoglikemik. Untuk itu, sangat disarankan untuk mengikuti Clinical Update 2010 untuk menggali lebih dalam mengenai permasalahan ini.

______________________

Guideline update of Post partum bleeding, eclampsia dan preeclampsia management


Indonesia tercatat sebagai negara dengan angka kematian maternal yang masih tinggi. Selain faktor kemiskinan dan masalah aksesibilitas penanganan kelahiran, 75 persen hingga 85 persen kematian maternal disebabkan obstetri langsung, terutama akibat perdarahan. Padahal, 90 persen dari kematian itu bisa dihindari. Diperkirakan ada 14 juta kasus pendarahan dalam kehamilan setiap tahunnya; paling sedikit 128.000 perempuan mengalami pendarahan sampai meninggal.

Selain itu, penyebab kematian perinatal adalah preeklamsia dan eklamsia. Di Indonesia, preeklamsia-eklamsia masih merupakan salah satu penyebab kematian ibu berkisar 1,5% sampai 25%, sedangkan kematian bayi antara 45% sampai 50%.

Oleh karena itu, penegakan diagnosis yang tepat untuk perdarahan post partum,  dan preeklampsia yang merupakan tingkat pendahuluan eklampsia serta penanganannya, perlu segera dilaksanakan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak. Clinical Update 2010 merupakan wadah bagi para dokter yang mengulas tuntas mengenai komplikasi pada kehamilan tersebut menurut update dan guideline terbaru.

______________________

Recent  Therapy in Shock and fluid therapy


Syok merupakan keadaan gagalnya sirkulasi darah secara tiba-tiba akibat gangguan peredaran darah atau hilangnya cairan tubuh secara berlebihan. Sirkulasi darah berguna untuk mengantarkan oksigen dan zat-zat lain ke seluruh tubuh serta membuang zat-zat sisa yang sudah tidak diperlukan. Oleh karena itu, kegagalan sirkulasi sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian. Terdapat beberapa penyebab syok, dan tahapan-tahapan syok dapat dibagi menjadi tahap kompensasi (masih dapat ditangani oleh tubuh), dekompensasi (sudah tidak dapat ditangani oleh tubuh), dan ireversibel (tidak dapat pulih).

Pengenalan tanda-tanda syok serta penanganan awal yang cepat merupakan hal yang wajib dikuasai oleh dokter umum. Hal tersebut akan dibahas lebih dalam lagi pada Clinical Update 2010, disertai dengan pembahasan penting mengenai pemilihan jenis cairan infus untuk berbagai indikasi.

______________________

Newest Management of Head & Spinal Cord Injury in Emergency Setting


Menurut survey Departemen Kesehatan, kecelakaan lalu-lintas merupakan pembunuh nomor tiga di Indonesia, setelah penyakit jantung dan stroke. Menurut data kepolisian Republik Indonesia, rata-rata setiap hari, terjadi 40 kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan 30 orang meninggal dunia.

Dari suatu kecelakaan lalu lintas, trauma kepala dan tulang belakang merupakan trauma yang sering didapati pada korban kecelakaan lalu lintas di Unit Gawat Darurat. Trauma kepala, terutama jenis berat, merupakan trauma yang memiliki prognosis (harapan hidup) yang buruk. Sedangkan fraktur pada daerah tulang belakang dapat menyebabkan kelumpuhan pada anggota gerak.

Oleh karena itu, dokter umum wajib memiliki ketrampilan dalam penanganan pertama kegawatdaruratan pada trauma kepala dan tulang belakang. Clinical Update 2010 akan mengulasnya secara tuntas dan terpercaya dari narasumber pakar yang ahli di bidangnya.

______________________

Evidence based medicine : guide  of Antibiotic use


Menurut hasil survey Departemen Kesehatan masih banyak penggunaan antibiotik yang tidak rasional di Indonesia, dan hal tersebut memberi dampak banyaknya resistensi terhadap antibiotik yang cukup parah. Untuk menanggulangi hal tersebut, Depkes pun sudah mencanangkan program untuk menggunakan antibiotik secara rasional, namun hasil yang didapatkan belum optimal.

Sebagai dokter umum sangat penting untuk diketahui bahwa penggunaan antibiotik haruslah sesuai dengan indikasi. Clinical Update 2010 akan mengulas secara detil mengenai guideline penggunaan antibiotik yang berbasis bukti dan rasional.

______________________

Adverse Drug reaction,Drug allergy,and Anaphylaxis


Kasus penyakit yang berkaitan dengan efek samping, reaksi, alergi obat, serta anafilaksis tidak jarang terjadi dalam praktek dokter sehari-hari. Tingkat kesakitannya pun bervariasi dari yang ringan hingga berat, seperti syok anafilaktik yang dapat mengakibatkan kematian.  Para dokter dan tenaga kesehatan sangat perlu untuk mengetahui secara tepat diagnosis dengan efek samping, reaksi, alergi obat, serta anafilaksis, agar penanganannya pun dapat dilakukan dengan tepat, terutama pada praktek sehari-hari.

Cara tepat untuk mengenali, membedakan jenis, menegakan diagnosis serta mengatasi dengan cepat keadaan efek samping, reaksi, alergi obat, serta anafilaksis dibahas secara dalam di Clinical Update 2010 oleh narasumber yang sangat ahli dalam bidang farmakologi.

Responses

  1. Infonya sangat berguna, terutama kami sbg dokter umum.

  2. assalamu’alaikum wr wb.
    mau menanyakan tentang slide dari para pembicara kemaren ada sebagian yg boleh dikopi oleh peserta seminar…sewaktu saya tanyakan ke panitia yg lantai2 katanya mo diupload disini sehingga peserta bisa download dsini..tetapi saya kog tidak menemukan letaknya…mohon petunjuk…terima kasih.
    wass.wr.wb

  3. saya salah satu peserta seminar kemarin dan dijanjikan materi slide akan diupload di sini, kok udah 2 hari belum ada yah….???
    Gimana nih panitia????

  4. kmrn katanya hari selasa mau di up load materi seminar yang dlm bntuk powerpoint nya….dmana ya bs mdownloadny? ato caranya gmana?BTK

  5. Terima Kasih untuk Ilmu yang tlh saya dapatkan..berkat acara Clinical Update 2010..

    • Yth.dr.Tiviana

      Terima kasih telah berpartisipasi dalam seminar nasional Clinical Updates 2010.
      Semoga TS dapat kembali berpartisipasi pada Clinical Updates 2011 yang akan datang dengan topik yang tidak kalah menarik.

      Terima kasih

  6. dimana materi seminar dlm bentuk power point, yang katanya akan di upload, dapat kita temukan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: